##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Siti Dipsaharani
Zubaidah Hanum

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Berulang E-commerce Shopee. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini guna mengetahui Pengaruh Harga (X1) dan Kualitas layanan (X2) Terhadap Keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan indikator dari setiap variabel. Adapun indikator dari Harga (X1) yaitu keterjangkauan harga, harga sesuai kemampuan/daya saing harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, kesesuaian harga dengan manfaat. Indikator dari Kualitas layanan (X2) yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik. Indikator dari Keputusan pembelian (Y) yaitu pilihan produk, pilihan merek, pilihan penyalur, waktu pembelian, jumlah pembelian, metode pembeyaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui google form, dengan total 324 mahasiswa Politeknik LP3I Medan dengan sampel 78 mahasiswa sedangkan untuk pengolahan data penelitian ini menggunakan program SPSS versi 25. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa variabel Harga dan variabel Kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan pembelian dari Uji F dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai f hitung 103.638 > f tabel 3.12 maka Kualitas layanan memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan pembelian. Hasil Uji regresi near berganda yang memiliki persamaan Y= 1,437 + 0,945 X1 + 0,423 X2 + e bahwa variabel Harga menunjukkan nilai koefisiensi sebesar 0,945 yang berarti bahwa variabel Harga mempunyai pengaruh positif kepada variabel Keputusan pembelian dan variabel Kualitas layanan menunjukkan koefisiensi sebesar 0,423. Hasil dari uji koefisien determinasi menunjukkan nilai (R Square) yang diperoleh sebesar 0,734 (73,4%) menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas layanan berpengaruh terhadap Keputusan pembelian sebesar 73,4%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

References
Agusta, A. S. (2020). Fresh Informasi Keagamaan Melalui Media Instagram Dalam Menanggapi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Perpustakaan , II(2), 88-99.
Devi, L. K. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee (studi kasus pada mahasiswa di Surabaya). Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Kotler, p. &. (2018). Principles of marketing 18th ed. London Pearson: Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Meithiana, I. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan, Cetakan Pertama. Surabaya: Unitomo Press.
Piarna, R. d. (2019). Adopsi E-Commerce Pada UMKM Di Kota Subang Menggunakan Model UTAUT. Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi REkayasa, II(1), 125-132.
Rizki, A. H. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee Indonesia. (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 yang Membeli Barang Secara Online di E-commerce). Jurnal Administrasi Bisnis.
Sari, U. P. (2023). Pengaruh kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee. 1-87.
Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (M. Dr. Ir.Sutopo, S.Pd (ed.); ke2 ed.). Bandung: Alfabeta.
Syahputra, M. R., & Hanum, Z. (2021, October). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Melakukan Pembelian secara Online. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (Vol. 1, pp. 103-107).
Thariq, M. P. (2020). ANALYSIS OF EFFECT PRICE AND QUALITY ON BRAND IMAGE AND ITS IMPLICATION ON PURCHASE. DIJDBM, I(5), 1(5).
Yogarta Awawa Prabaning Arka, Y. E. (2023, June 26). Shopee Tetap Mendominasi Pasar E-commerce di Tengah Kehadiran Pemain Baru TikTok Shop. https://money.kompas.com/read/2023/06/26/080000426/shopee-tetap-mendominasi-pasar-e-commerce-di-tengah-kehadiran-pemain-baru?page=all#.