PENGARUH BRAND LOYALTY DAN STRATEGI IKLAN SEASONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Konsumen Marjan di Kota Medan)
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
Inovasi yang dapat diterapkan perusahaan saat ini untuk meningkatkan keputusan beli dan penjualan produk maupun jasanya yaitu melalui strategi pemasaran. Promosi iklan seasonal dan loyalitas merek (brand loyalty) merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran. Brand loyalty yaitu tingkat loyalitas yang harus ditunjukkan perusahaan kepada konsumen terlebih dahulu. Sedangkan strategi iklan seasonal adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan hari besar tertentu untuk memasarkan produk atau jasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand loyalty dan strategi iklan seasonal terhadap keputusan beli pada konsumen Marjan di Kota Medan. Penelitian ini akan dianalisis secara parsial dan simultan, menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan 96 konsumen sirup Marjan di Kota Medan sebagai sampel penelitian. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data primer dari penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji determinasi serta diolah melalui Software SPSS. Berdasarkan hasil uji data yang diperoleh menggunakan SPSS, brand loyalty terhadap keputusan pembelian mendapatkan nilai thitung sebesar 5.382 > ttabel 1,985 dan nilai signifikansi yan diperoleh adalah 0,000 < 0,05 serta memiliki nilai koefisien regresi yang bernilai positif sebesar 0,831. Begitu pula pada Iklan Seasonal terhadap Keputusan Pembelian (Y) didapatkan nilai thitung sebesar 3,764 > 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 serta memiliki nilai koefisien regresi yang bernilai positif sebesar 0,703. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel brand loyalty dan strategi iklan seasonal berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Firmansyah, M, A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Kurniawan, F.A., Effendi, S. (2020). Pengaruh Brand Awarenes, Iklan Meedia Sosial dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. (Studi Kasus Pada Customer Bintang Motor Jaya Buaran). Fakultas Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia:Jakarta
Kotler, P,. Amstrong, G. (2018). Priciples of Marketing. United Kingdom: Pearson Education Limited.
Lacap, J, P, G,. Cham, T, H,. Lim, X, J. (2021). The Influence of Corporate Social Responsibility on Brand Loyalty and The Mediating Effects of Brand Satisfaction and Perceived Quality. Journal of Economics and Management,15(1), 69-87
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakad Media Publishing.
Riangga, A., Nurulloh, M., Wibaselpa, A. (2024). Pengaruh Iklan Sinematik Terhadap Keputusan Pembelian Dan Brand Awareness Pada Sirup Marjan. 151-160
Sardana, A., Talwar, P., Gulati, S. (2018). Seasonal Marketing: Strategies Using The Calendar. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 5(2), 126-132.
Siregar, O. M., & Nasution, M. D. T. P. (2023). Revolutionizing Marketing: Strategi Inovatif Bisnis Modern. CV. Mitra Cendekia Media.
Siregar, O. M., & Nasution, M. D. T. P. (2023). Perilaku konsumen offline & online. PT. Dewangga Energi Internasional
Solihin, D,. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(1), 38-51
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta